Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuh Makanan Khas Kudus Paling Enak

Kabupaten Kudus memiliki banyak tujuan wisata, salah satunya dalam bidang kuliner. Makanan khas Kudus banyak tersaji di Kudus, bahkan sebagian memiliki sejarah tersendiri, terutama terkait dengan kearifan lokal atau ajaran Sunan Kudus. Berikut tujuh kuliner khas Kudus paling enak:

1.   1. SOTO KUDUS

Soto Kudus merupakan salah satu makanan khas Kudus, ketika ke Kudus, selain membeli oleh-oleh khas Kudus, tentu wajib mencicipi kulinernya. Salah satunya adalag Soto Kudus.

Soto Kudus kuahnya lebih benih dibanding lainnya, ketika anda memasan Soto Kudus, biasanya akan ditawari memakai daging ayam atau kerbau.

Tentunya Soto Kudus yang khas memakai daging kerbau, karena terkait sejarah dimana Sunan Kudus melarang menyembelih sapi. Sehingga daging yang digunakan adalah gaing kerbau.

Untuk penyajiannya, Soto Kudus dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi soto. Bagi Sebagian kurang porsi mangkuk kecil kurang, namun bisa minta tambah lagi.

Biasanya, untuk pelengkap Soto Kudus ada sate telur puyuh, sate jeroan hingga kerupuk kulit kerbau.     

Bagi kamu yang  ingin mencari makanan khas Kudus tersebut, ada beberapa warung Soto Kudus terkenal di Kudus. Walaupun sebenarnya banyak warung yang menjualnya, namun ada beberapa yang sudah cukup terkenal di Kudus.

soto kudus, resep soto kudus, resep bumbu soto kudus, resep soto ayam kudus bening, sejarah soto kudus


Warung Soto Kudus

1. Soto Kudus Bu Djatmi

Lokasi :

Jl. Jend. Sudirman Km. 2, Badungan, Tumpangkrasak, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59382

Google Maps : Klik Disini

2. Soto Kudus Pak Denuh

Lokasi :

Jl. AKBP Agil Kusumadya, Jatikulon Krajan, Jati Kulon, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59346

Google Maps : Klik Disini

3. Soto Kudus Pak Ramidjan

Lokasi :

Jl. Kudus - Jepara No.79A, Bakalan, Purwosari, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Google Maps : Klik Disini

4. Taman Bojana

Lokasi:

Jl. Simpang Tujuh, Barongan, Demangan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59317

Google Maps: Klik Disini


2. SATE KERBAU KHAS KUDUS 

Makanan khas Kudus Sate Kerbau juga memiliki akar sejarah dari zaman Sunan Kudus. Karena utuk menghormati pemeluk agama Hindu, Sunan Kudus melarang menyembelih sapi. Akhirnya banyak warga Kudus yang akhirnya mengkonsumsi kerbau.

Kuliner Kuduspun terpengaruh, muncullah kuliner sate kerbau. Sate kerbau khas Kudus memiliki ciri khas, dagingnya sangat empuk, karena sebelumnya memang dihancurkan terlebih dahulu.

Selanjutnya daging yang halus dilekatkan di tusuk sate, sehingga dagingnya empuk dan memanjakan lidah.

Sate kerbau khas Kudus juga memiliki ciri khas di sausnya, karena sausnya dibuat dari bumbu yang enak dari  beberapa rempah-rempah. Sausnya cenderung manis, namun ada kelapa parut yang digoreng atau sering disebut serundeng, sehingga makin membuat sate kerbau khas Kudus makin digemari.

Saus sate kerbau khas Kudus sangat berbeda dengan sate kambing maupun sate ayam.

Bagi kalian yang ingin mencoba makanan khas Kudus ini, ada beberapa lokasi yang direkomendasikan, karena memiliki cita rasa sate kerbau yang sangat enak.

 

1. Sate Kerbau 57 Gang 3

Lokasi :

Jalan Kepodang No.49, Wergu Kulon, Panjunan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59317

Google Maps : Klik Disini

2. Sate Kebo Menara

Lokasi :

Jl. Menara No.9, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315

Google Maps : Klik Disini 

3. Sate Kerbau 57, gang 1 Pak Sutrimo dan Ibu Siti Rochmah

Lokasi :

Jl. Kutilang No.1, Wergu Kulon, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59317

Google Maps : Klik Disini

4. Warung Sate Kerbau Pak Min Jastro

Lokasi :

Pertoko Agus Salim Blok C, Jl. Agus Salim, Getas Pejaten, Jati, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59343, Indonesia

Google Maps : Klik Disini 


resep sate kerbau, sate kerbau adalah makanan kahs kudus, makanan kahs kudus, kuliner khas kudus, sate kerbau kudus


3. LENTOG TANJUNG

Makanan khas Kudus selanjutnya yakni Lentog Tanjung, makanan ini bisa ditemui ketika pagi hari, karena memang makanan khas Kudus ini tidak terlalu berat. Sehingga sangat cocok untuk sarapan.

Dalam sepiring Lentog Tanjung, terdapat lontong, jangan gori (Nangka muda), tahu, tempe dan telur. Untuk sayur gori, cukup manis namun tidak seperti gudeg. Sajian lentog disantap dengan kuah santan yang gurih dan tidak terlalu berminyak.

Makanan khas Kudus ini terbilang sederhana, karena tidak ada ayam atau daging, namun untuk rasa tentu tidak kalah dengan makanan lainnya.

Penjual Lentog Tanjung, biasanya menyiapkan makan pendamping Lentog Tanjung, seperti sate usus, sate telur puyuh dan gorengan. Agar lebih nikmat, Lentog Tanjung bisa ditambahkan bawang goreng dan kerupuk.

Untuk membeli makanan khas ini, ketika pagi hari sangat banyak ditemukan di jalan-jalan utama di Kudus yang biasanya tutup sekitar 10.00 WIB. Namun Pemkab Kudus juga membuatkan sentra Lentog Tanjung di Desa Tanjung Karang

1. Sentra Lentog Tanjung

Lokasi :

Jl. Tj. Karang, Klentengan, Tj. Karang, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59349

Google Maps : Klik Disini 

makanan khas kudus, kuliner khas kudus, resep lentog tanjung, lentog tanjung kudus, sejarah lentog tanjung kudus

1.  4. PECEL PAKIS

Pecel Pakis merupakan makanan khas Kudus, terutama di Desa Colo, Kecamatan Dawe yang juga merupakan bagian dari wisata religi Sunan Muria. Untuk menikmati pecel pakis ini, kalian bisa mengunjungi di salah satu warung yang terletak di Desa Colo.

Pecel Pakis memang berbeda dengan pecel sayuran lainnya, karena sayuran pakis yang digunakan berasal dari pegunungan Muria. Tentunya tanaman pakis yang diambil tidak pernah diberikan pupuk kimia alias alami. Sehingga menambah cita rasa pecel pakis itu sendiri.

Sayuran pakis ini tumbuh liar yang bisa ditemui di tepi sungai dan tebing Gunung Muria yang lembab dan teduh. Sehingga tanaman ini ketika dikonsumsi jelas menyehatkan, karena benar-benar alami.

Dalam penyajiannya, pakis akan tetap terlihat hijau atau segar, karena ada Teknik tersendiri dalam proses pengolahannya. Yakni proses perebusan akan dihentikan ketika sayuran hampir lunak, lalu kemudian direndam air dingin untuk menghentikan proses pematangan agar warna sayuran tetap hijau.

Untuk mendapatkan Pecel Pakis, kalian hanya merogoh kocek Rp 10 ribu saja. Biasanya Pecel Pecel Pakis ini juga disajikan dengan ayam bakar, sehingga akan menambah kelezatannya. Ketika menambah ayam bakar, tentu harganya berbeda, ada tambahan harga.

1. Pecel Pakis Mbok Yanah

Lokasi:

Jl. Pesanggrahan No.193, Colo, Kec. Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353

Google Maps: Klik Disini 

resep pecel pakis colo, pecel pakis colo, daun pakis, makanan khas kudus, kuliner khas kudus


5. GARANG ASEM 

Garang Asem merupakan makanan khas Kudus, Garang Asem adalah masakan yang bahan utamanya adalah daging ayam kamoung. Dimasak dengan dibungkus daun pisang dan rasanya didominasi oleh rasa asam dan pedas.

Dalam setiap bungkus Garang Asem, penikmat kuliner akan melihat cukup banyak cabai didalamnya dan juga potongan blimbing wuluh dan tomat. Selain itu tentu ada bumbu-bumbu lain yang membuat Garang Asem makin nikmat.

Garang Asem ayam khas Kudus ini, makin nikmat ketika dimakan saat siang hari atau jam makan siang. Kalian akan mendapatkan sensasi berbeda, karena dipastikan akan bercucuran keringat ketika disantap saat jam makan siang.

Dalam pembuatannya, potongan ayam kampung dicampur dengan kuah yang sudah dibumbui. Selanjutnya dibungkus dengan daun pisang dan kemudian digarang atau dikukus selama 1,5 jam. Tujuannya agar bumbu meresap ke dalam serat daging.

Ada dua jenis Garang Asem yang dijual, yakni Garang Asem berisi daging dan garang Asem berisi jeroan ayam. Untuk menikmati salah satu makanan khas Kudus ini, kalian cukup merogoh kocek Rp 30 ribu setiap porsinya.

1. RM GASASA  Kudus (Garang Asem Sari Rasa)

Lokasi Pertama

Jl. AKBP Agil Kusumadya No.20, Jatikulon Krajan, Jati Kulon, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59347, Indonesia.

Google Maps : Klik Disini 

2. RM GASASA Cabang 1

Lokasi Kedua

Jl. Raya Pati - Kudus, Gajihan, Klaling, Kec. Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59382

Google Maps : Klik Disini

resep garang asem, garang asem kudus, makanan khas kudus, kuliner khas kudus, garang asem ayam


6. NASI OPOR SUNGGINGAN

Makanan khas Kudus, Nasi Opor Sunggingan memang menjadi salah satu makanan yang wajib dicicipi ketika berada di Kudus. Opor jenis ini biasanya hanya ada saat tradisi manaqipan di Menara Kudus. Diberikan nama Sunggingan karena saat itu lokasinya berada di daerah Sunggingan.

Konon, resep Nasi Opor Sunggingan ada sejak zaman Sunan Kudus atau sekitar abad ke-15 dan menjadi salah satu menu favorit dari Sunan Kudus.

Dalam setiap sajian Nasi Opor Sunggingan, terdapat daging ayam yang disuwir dan potongan tahu berbentuk kotak kecil-kecil. Selain itu ada nasi dan kuah khusus yang menjadikan Nasi Opor Sunggingan makin lezat untuk disantap.

Untuk membuat Nasi Opor Sunggingan ternyata cukup rumit, berbeda dengan penampilan sajian yang terlihat sederhana. Pertama pemilihan daging aya yang berusia satu sampai dua tahun dan tidak dalam fase bertelur. Karena ayang yang berumur muda, teksturnya akan lembek dan sebaliknya.

Setelah dibakar, ayam direbus sekitar empat jam, air rebusan ini nantinya dicampurkan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah khas. Ketika daging ayam sudah empuk, kemudian ditiriskan. Lalu dibakar Kembali.

Agar rasanya makin khas, proses pembakaran menggunakan sumber api dari arang kayu karet. Selanjutnya penyajian, daging ayam dipotong kecil-kecil ditaruh diatas nasi kering beserta tahu dan cabai rebus bagi yang ingin sensasi pedas. Selanjutnya ditambah kuah yang terbuat dari santan dan beberapa bumbu.

1. Nasi Opor Sunggingan

Lokasi

Jl. Niti Semito No.9, Plosokrajan, Ploso, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59348

Google Maps : Klik Disini

resep opor bakar sunggingan, resep opor sunggingan, tempat makan kudus, makanan khas kudus, kuliner khas kudus



 7. NASI JANGKRIK

Jika kalian familiar dengan Nasi Kucing, ketika di Kudus kalian juga harus mencicipi Nasi Jangkrik. Biasanya Nasi Jangkrik hanya ada saat prosesi Buka Luwur Makan Sunan Kudus digelar, namun kini sudah banyak penjual Nasi Jangkrik di Kudus. Salah satunya ada di selatan komplek Makam Sunan Kudus.

Dalam pembagian Nasi Jangkrik saat Buka Luwur, ada yang memakai keranjang yang terbuat dari anyaman bambu  dan dibungkus daun jati. Satu porsi Nasi Jangkrik Kudus berisi nasi putih, potongan daging kambing atau kerbau, tahu dan kuah bersantan. Saat menyantapnya, daging kerbau terasa empuk dan bumbunya meresap.  

Ketika kalian membeli di luar proses Buka Luwur, bahan Nasi Jangkrik Kudus juga sama persis seperti olahan saat pembagian di Buka Luwur. Sehingga kalian bisa menikmati kapanpun kalian inginkan, tidak hanya saat ada proses Buka Luwur semata.

Dalam memasaknya, daging kerbau direbus hingga empuk, selanjutnya dibumbui dengan berbagai bumbu, seperti kencur, bawang emrah, bawang putih, kemiri, lengkuas hingga cabai. Selanjutnya ditambah santan dan direbus Kembali hingga bumbu meresap selama tiga jam.

Daging yang sudah matang ditambahkan bawang goreng, campuran kol dan tahu.

Makanan Nasi Jangkrik Kudus ini, ketika penyajian sangat terlihat sederhana. Namun rasa lezat dan menggugah selera akan menempel dilidah kalian. Untuk satu porsi Nasi Jangkrik Kudus, biasanya dibandrol sekitar Rp 15.000.

1. Nasi Jangkrik Menara

Lokasi

Jl. Sunan Kudus No.225, Purwosari, Janggalan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59317

Google Maps: Klik Disini 

2. Warung Sego Jangkrik

Lokasi

Selatan Perempatan SUCEN, Jl. Menara, Pejaten, Langgardalem, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315

Google Maps: Klik Disini

resep nasi jangkrik, cara membuat nasi jangkrik, makanan khas kudus, kuliner khas kudus, sego jangkrik

Itulah tujuh makanan khas Kudus yang harus kalian cicipi ketika berada di Kudus.  

Posting Komentar untuk "Tujuh Makanan Khas Kudus Paling Enak"