Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Museum Kretek, Wisata Edukasi yang Asyik di Kudus

Natasangin.com – Salah satu wisata sejarah yang patut di kunjungi di kabupaten Kudus adalah Museum Kretek. Kudus menjadi salah satu kota dnegan industri rokok kretek terbesar di Indonesia. Besarnya industri rokok di Kudus tak lepas dari warga Kudus yang memang menggeluti bisnis rokok sejak sebelum Indonesia merdeka.

Koleksi Museum Kretek, Museum Kretek, Wisata Edukasi, Wisata Kudus, Museum Kretek Kudus, Lokasi Museum Kretek, Sejarah Rokok Kudus


Nama Nitisemito menjadi salah satu nama yang dikenal sebagai ‘raja kretek’ dengan pabrik rokoknya bernama ‘Ball Tiga’. Dari situlah banyak industri rokok yang berdiri, walaupun banyak yang sudah gulung tikar, namun banyak juga pabrik rokok yang mampu bertahan hingga saat ini.

Berbagai awal mula industri rokok di Kudus bisa diketahui melalui ‘Museum Kretek’. Wisatawan luar kota bisa memanfaatkan kunjungan ke Museum Kretek untuk berwisata sejarah, banyak hal yang akan ditemukan di Museum Kretek.

Museum Kretek memiliki 1.195 koleksi yang Ketika anda melihatnya, bisa mendapatkan gambaran industri rokok di Kudus. Koleksi yang ada didalam Museum Kretek sangat beragam, mulai dari alat pembuat rokok hingga berbagai merek rokok yang muncul di Kudus.

Ada ratusan merek rokok yang bisa dilihat wisatawan, sehingga wisatawan bisa mengetahui gambaran betapa banyaknya merek rokok yang muncul saat awal industri rokok berkembang di Kudus. Bnayaknya merek rokok juga menunjukkan betapa industri rokok menjadi salah satu penggerak ekonomi saat itu hingga sekarang.

Selain itu, Museum Kretek juga berisi gambar dokumentasi, alat giling cengkeh, alat giling tembakau, alat perajang tembakau hingga miniatur aktivitas pembuatan rokok pada zaman dulu. Selain itu juga ada ruangan khusus tentang sejarah Nitismito sendiri.

Didirikannya Museum Kretek berawal saat Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Roestam dating berkunjung di Kudus, Saat itu dirinya melihat aktivitas industri rokok yang cukup pesat di Kudus dan menggerakkan roda ekonomi di Kudus.

Tercetuslah untuk membuat Museum Kretek sebagai wujud untuk mengenang perintis industri rokok di Kudus. Akhirnya disiapkankan lahan 2,5 hektar di Jalan Getas Pejaten No. 1655, Desa Getas Pejaten, Kecamatan jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Koleksi Museum Kretek, Museum Kretek, Wisata Edukasi, Wisata Kudus, Museum Kretek Kudus, Lokasi Museum Kretek, Sejarah Rokok Kudus

Pembangunan Museum Kretek dilakukan oleh Perhimpunan Pengusaha Rokok Kudus (PPRK), selanjutnya pada 3 Oktober 1986, Museum Kretek Kudus diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Roestam.

Dalam perkembangannya, Museum Kretek dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus. Saat itu ada perkembangan, karena mulai dibangun beberapa bangunan atau fasilitas yang menarik wisatawan. Sehingga lebih nyaman lagi untuk wisata keluarga.

Fasilitas hiburan yang ditambah antara lain, waterboom, ember tumpah, mini movie, rumah adat Kudus, rumah kapal hingga taman bermain anak.

Museum Kretek juga memiliki fasilitas berupa mushala, kios kuliner, gerai souvenir dan yang terpenting juga area parkir yang sangat luas.

Untuk tiket masuk Museum Kretek, ada perubahan sejak Oktober 2021, sebelumnya harga tiket Rp 2 ribu untuk hari biasa dan saat tanggal merah atau hari libur Rp 3 ribu. Usai adanya perubahan pada Oktober 2021, tiket masuk Museum Kretek berubah menjadi Rp 4 ribu untuk hari biasa dan Rp 5 ribu untuk tanggal merah dan hari libur.

Harga tiket masuk Museum Kretek bisa dikatakan sangat murah, karena fasilitas yang diberikan cukup bagus. Apalagi bisa menghabiskan liburan bersama dengan keluarga tercinta. Untuk jam buka Museum Kretek mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Koleksi Museum Kretek, Museum Kretek, Wisata Edukasi, Wisata Kudus, Museum Kretek Kudus, Lokasi Museum Kretek, Sejarah Rokok Kudus


Lokasi :

Jl. Getas Pejaten No.155, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Google Maps:

Lokasi Museum Kretek Kudus Klik Disini

No Telp : (0291) 440545


Koleksi Museum Kretek, Museum Kretek, Wisata Edukasi, Wisata Kudus, Museum Kretek Kudus, Lokasi Museum Kretek, Sejarah Rokok Kudus

Posting Komentar untuk "Museum Kretek, Wisata Edukasi yang Asyik di Kudus"