Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jalur Pendakian Resmi Gunung Andong

natasangin.comTahukah Anda dimana letak Gunung Andong? Gunung Andong adalah sebuah gunung tipe perisai yang berada di kabupaten Magelang, Jawa Tenang. Berdasarkan keterangan dari BMKG Gunung Andong boleh didaki karena tidak menunjukkan adanya aktivitas vulkanologi. Bagi kamu yang belum tahu Gunung Andong, gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Magelang loh dengan ketinggian mencapai 1463 m. 

jalur pendakian gunung andong, jalur penakian gunung andong paling favorit, gunung andong


Sekilas Tentang Gunung Andong

Sebelum membahas mengenai 3 jalur pendakian resmi Gunung Andong tidak ada salahnya untuk mengenal gunung ini lebih jauh. Bagi pemula gunung ini cukup populer karena banyak yang menjadikan tempat ini untuk berlatih.

Hal tersebut karena Gunung Andong memiliki medan yang mudah, waktu tempuh yang cepat serta dilengkapi dengan pemandangan yang super indah, Gunung Andong juga disebut-sebut sebagai daftar 10 besar gunung favorit untuk para pemula.

Menariknya pemandangan yang akan membuat kamu takjub jika mendaki di gunung ini kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan keindahan dari 7 gunung sekaligus loh. Gunung tersebut diantaranya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo dan Gunung Slamet. Sangat fantastis bukan, pesona lain yang dimiliki adalah kamu akan melihat golden sunrise di puncak Andong saat cuaca yang bagus di pagi hari.

Gunung memang menyimpan keindahan yang sangat mengagumkan semua makhluk di bumi, tidak hanya puncaknya saja yang banyak mencuri perhatian seseorang namun di lereng Gunung juga biasanya terdapat beberapa wisata alam yang tidak kalah menarik. Bagi kamu yang tidak bisa mendaki kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa berekreasi di lereng Gunung Andong.

Tempat wisata alam yang bisa kamu temui di sana diantaranya Grenden Ecological Park, Embung Sekembang Pagergunung, Bukit Grenden, Puncak alap-alap dan air terjun (air terjun sumuran dan air terjun sekar langit).

Daftar Jalur Pendakian Resmi Di Gunung Andong

Berikut ini adalah 3 jalur pendakian resmi Gunung Andong yang biasa digunakan para pendaki.

1.    Jalur Pendakian Via Sawit

Basecamp jalur pendakian ini berada di Dusun Sawit, Girirejo, Kabupaten Magelang. Kamu bisa mengakses transportasi umum seperti ojek ataupun kendaraan pribadi motor atau mobil. Nah, untuk bisa menggunakan jalur ini kamu perlu membayar tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah beserta biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi yaitu 10 ribu untuk mobil dan 5 ribu untuk motor.

jalur pendakian gunung andong, jalur pendakian gunugn andong paling favorit, gunung andong


Basecamp ini juga buka selama 24 jam jadi kamu bebas mengunjungi basecamp ini kapan saja. Banyak yang memilih pendakian ke Gunung Andong dengan jalur pendakian ini karena jarak yang ditempuh untuk bisa sampai ke puncak hanya 0,8 Km saja loh dengan jumlah pos sebanyak 3 buah. 

Pada jalur ini juga tersedia beberapa area camping yang ada sebelum mencapai puncak Andong. Rute untuk bisa sampai di basecamp ini jika kamu dari Jogja maka kamu harus menempuh waktu 2 jam 10 menit dengan melewati Jln. Magelang-Yogyakarta. Selanjutnya kalau kamu dari Semarang kamu bisa lewat Jln. Tol Semarang-Solo atau Jln tol Ungaran-Bawen dengan waktu tempuh 1 jam 3 menit saja.

Rute selanjutnya kalau kamu dari Solo maka kamu harus melewati Jln tol Salatiga-Kertosono atau Jln. Tol Semarang-Solo dengan waktu 1 jam 43 menit. Nah, yang paling dekat dengan basecamp ini adalah daerah Boyolali, kamu hanya membutuhkan waktu 1 jam 6 menit saja jika lewat Jln. Wonosari-Pakis.

Alasan mengapa kamu harus memilih jalur pendakian Sawit yang sangat populer ini diantaranya akses ke basecamp kebanyakan sudah beraspal lebar, petunjuknya jelas dan jalannya juga tidak begitu curam. Selanjutnya untuk jalur pendakian ini sudah tersedia banyak sumber air yang bisa kamu peroleh, jadi kamu tidak perlu takut kalau kehabisan air di perjalanan.

Kemudian selain sumber air, kamu juga tidak akan kehabisan bekal makanan karena di setiap pos pendakian pada jalur ini kamu akan menemukan banyak warung warga yang menyediakan makanan sampai ke puncak Andong.

Sekilas rute yang akan kamu temukan jika memilih jalur pendakian ini yaitu dari basecamp menuju ke pos 1 kamu hanya membutuhkan waktu 20 menit saja, kamu akan melewati jalan pedesaan yang masih beraspal kemudian keluar pemukiman dengan jalan yang dicor beton setelah itu kamu akan memasuki hutan Gunung Andong dan menemukan persimpangan.

Dari pos 1 menuju ke pos 2 waktu yang dibutuhkan lebih sedikit lagi yaitu hanya 10 menit kemudian dilanjut ke pos 3 yaitu 15 menit dan yang terakhir untuk sampai ke puncak waktu yang dibutuhkan adalah 30 menit, setelah pos 3 ini kamu akan melewati jalan setapak yang ada di pinggiran tebing hingga nanti sampai di puncak Andong.


2. Jalur Pendakian Via Pendem

Jalur selanjutnya kamu bisa lewat pendek yang memiliki basecamp berlokasi di daerah hutan atau kebun yang ada di Girirejo, Ngablak, Magelang. Sama seperti basecamp Sawit, kamu juga hanya perlu membayar registrasi pendakian sebesar 20 ribu saja. Jalur ini memiliki jarak dengan puncak yang lebih dekat dibandingkan melalui jalur Sawit.

jalur pendakian gunung andong, jalur pendakian gunung andong via pendem, gunung andong


Jalur pendakian yang melewati Pendem ini hanya menempuh jarak 0,7 Km saja dan jumlah posnya sebanyak 2 buah. Setelah jalur pendakian melewati Sawit, jalur pendakian ini merupakan jalur terpopuler kedua pada pendakian Gunung Andong.

Perlu diketahui kalau kamu memilih jalur pendakian ini kamu akan menemukan jalanan setapak berupa tanah dan dikelilingi oleh pemandangan yang masih sangat asri. Hal tersebut karena kamu akan melewati hutan yang penuh akan pepohonan yang rindang.

3.    Jalur Pendakian Via Gogik

Jalur pendakian resmi terakhir yang ada pada Gunung Andong adalah kamu bisa memilih untuk lewat melalui Gogik atau dusun Gogik. Dusun ini letaknya masih satu kecamatan dengan basecamp Pendem tepatnya di kecamatan Ngablak. 

jalur pendakian gunung andong, jalur pendakian gunung andong via gogik, gunung andong


Hampir sama dengan jalur Pendem dimana kamu akan menyusuri hutan namun jalur Gogik ini sedikit berbeda kamu juga akan melintasi hutan namun hutan yang akan kamu temui di sini adalah hutan bambu dan hutan pinus yang memiliki jalan mengelilingi perbukitan.

Sama dengan jalur Pendem tadi yang memiliki jumlah pos 2, jalur Gogik ini juga memiliki 2 pos dimana nanti pada pos 2 kamu akan menemukan jalan yang menyatu pada kedua jalur tersebut nah ujung dari kedua jalur pendakian ini adalah sama-sama di puncak alap-alap.

Daya tarik yang dimiliki jalur pendakian Gogik ini adalah kamu bisa melalui jalur pendakian yang landai dan sangat cocok dipilih bagi kamu pendaki wanita. Pendakian ini juga memiliki jarak yang pendek jadi kamu hanya memerlukan waktu paling lama 2 jam saja untuk bisa mencapai puncak alap-alap maupun puncak Andong.

Spot foto yang akan ditemukan diantaranya area camping Gunung Andong itu sendiri, batu pertapaan maupun puncak Alap-alap. Itulah 3 jalur pendakian resmi Gunung Andong yang perlu kamu ketahui dimana letak basecampnya.

 


Posting Komentar untuk "3 Jalur Pendakian Resmi Gunung Andong"