Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jalur Pendakian Resmi Gunung Lawu

 

Gunung Lawu termasuk salah satu gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Ketinggian yang dimiliki Gunung Lawu itu sendiri mencapai 3265 mdpl dan ternyata tercatat sebagai gunung tertinggi di urutan ke-76 di dunia loh. Lokasinya itu sendiri berada di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu terdapat di kabupaten Karanganyar untuk provinsi Jawa Tengah sedangkan pada provinsi Jawa Timur terletak di kabupaten Magetan dan Ngawi.

gunung lawu, jalur pendakian gunung lawu, jalur pendakian gunung lawu paling ramai, pendakian gunung lawu paling favorit,

Bagi kamu pecinta alam dan senang dengan aktivitas mendaki gunung maka informasi ini cocok untuk kamu ketahui. Pada artikel ini akan dibahas 5 jalur pendakian resmi Gunung Lawu yang bisa kamu lewati, nama puncak yang ada di gunung Lawu itu sendiri terdiri dari Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan puncak tertingginya bernama Hargo Dumilah. 

Pesona Wisata Di Gunung Lawu

Gunung Lawu sendiri saat ini merupakan gunung api yang tidak aktif atau disebut sedang istirahat karena terakhir meletus sudah lama sekali sekitar tahun 1885. Oleh karena itu gunung ini aman untuk didaki, selain itu gunung Lawu juga terkenal dengan pesona alam yang sangat mengagumkan. Pesona alam beserta tempat wisata yang apik bisa Anda nikmati diantaranya.

·         Pesona alam

Gunung mungkin sangat identik dengan pemandangan sunrise dan sunsetnya. Ya, begitu juga dengan gunung Lawu, di sini kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang sangat indah. Lalu di malam harinya kamu juga akan melihat pemandangan kerlip lampu kota dari lereng gunung serta pemandangan rasi bintang yang sangat megah di malam hari.

Gunung memang memiliki pemandangan alam yang tiada tara, ketika kamu berada di gunung pasti kamu merasakan pengalaman yang tak terlupakan karena seperti merasa bisa menyatu dengan alam. Oleh karena itu sayangilah alam, jaga dan rawat selalu. Pada pagi harinya kamu bisa melihat pemandangan puncak-puncak gunung yang ada di Jawa loh, hamparan lembah, laut, hutan dan bukit semua menyatu dengan keindahan yang sangat luar biasa.

·         Tempat wisata di area Gunung Lawu

Berbagai air terjun, candi, kawah, kebun teh dan astana bisa kamu kunjungi juga jika mendaki Gunung Lawu.

Daftar Jalur Pendakian yang Ada Di Gunung Lawu

Nah, untuk jalur pendakiannya itu sendiri dibagi menjadi tiga kategori yang akan dibahas secara lengkap di bawah ini, diantaranya jalur pendakian termudah, normal dan terpanjang. Bagi Anda yang sangat menikmati aktivitas mendaki mungkin Anda bisa mencoba sebuah tantangan dengan jalur pendakian terpanjang.

Bagi seorang pemula disarankan untuk memilih jalur pendakian termudah dan berikut 5 jalur pendakian resmi Gunung Lawu.


1. Jalur Pendakian Via Cemoro Sewu

Jalur pendakian pertama termasuk jalur yang paling populer karena termasuk jalur pendakian paling mudah. Diketahui melalui jalur ini kamu hanya akan melintas jarak sejauh 7 Km saja untuk bisa sampai puncak. Adapun lokasi basecamp untuk jalur ini berada di Jln. Raya Sarangan, Sampe, Ngancar, Plaosan, Magetan. 

jalur pendakian gunung lawu, pendakian gunugn lawu via cemoro sewu, jalur pendakian gunung lawu paling favorit


Alasan jalur ini banyak dipilih para pendaki adalah karena memiliki banyak fasilitas pendukung yang tersedia di area basecamp. Medan pendakian yang mudah serta petunjuk arah yang jelas juga menjadi alasan mengapa jalur ini dipilih. Alasan selanjutnya mungkin juga yang paling diminati, yaitu pada jalur pendakian ini kamu akan selalu menemukan pedagang yang berjualan jadi kamu tidak usah takut jika kehabisan makanan atau minuman.

Jika kamu tertarik dengan jalur ini hal yang perlu kamu persiapkan salah satunya yaitu biaya registrasi pendakian senilai Rp 20 ribu. Kemudian bagi kamu yang berasal dari luar kota maka kamu bisa transit di terminal Tawangmangu kemudian kamu bisa menggunakan ojek online, angkot ataupun transportasi umum lainnya untuk menuju ke basecamp.

Jumlah posnya itu sendiri terdiri dari 5 dengan estimasi waktu pendakian yang ideal mencapai 2 sampai 3 hari. Sementara untuk waktu tempuh mulai dari basecamp hingga puncak Gunung Lawu sekitar 7 jam.


2.  Jalur Pendakian Via Cemoro Kandang

Jalur selanjutnya merupakan jalur pendakian normal, letak basecamp ini secara administratif berada di provinsi Jawa Tengah namun secara geografis basecamp yang satu ini letaknya sangat dekat sekali dengan Cemoro Sewu yang terletak di provinsi Jawa Timur. Hal ini karena kedua basecamp ini hanya berjarak 200an meter saja. 

jalur pendakian gunung lawu paling favorit, jalur pendakain gunung lawu via cemoro kandang

Jadi dalam hitungan menit saja kamu sudah berada di beda provinsi. Jalur ini mungkin dapat dikatakan kurang disenangi oleh pendaki karena sebagian besar jalur tempuhnya berupa tanah. Namun bagi kamu yang suka dengan hal-hal ekstrem jalur ini cocok untuk dipilih karena lebih landai dan memiliki jalan setapak berupa tanah.

Perlu diingat jika hujan tiba kamu perlu ekstra hati-hati. Basecamp ini terletak di Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar dengan biaya registrasi sama dengan basecamp Cemoro Sewu namun jarak tempuhnya sedikit jauh yaitu sekitar 9,7 Km dengan jumlah pos dan estimasi waktu pendakian yang sama juga dengan basecamp Cemoro Sewu.


3. Jalur pendakian via Candi Cetho

Jalur pendakian selanjutnya termasuk jalur terpanjang dan terletak di Karanganyar juga lebih tepatnya di Jenawi daerah wisata candi Cetho. Bagi kamu yang senang dengan wisata alam yang bersejarah maka kamu bisa memilih jalur ini karena terdapat berbagai pohon keramat di jalur ini dan juga tempat-tempat bersejarah lainnya. Menariknya jika kamu lewat pendakian ini kamu akan melihat sabana yang sangat indah di atas gunung.

jalur pendakian gunung lawu paling favorit, pendakian gunung lawu via candi cetho, jalur pendakian gunung lawu paling ramai


Pendakian via Candi Cetho sebenarnya mirip dengan pendakian ke Gunung Argopuro. Karena vegetasi alamnya snagat mirip, sehingga banyak yang mengatakan bahwa jalur ini merupakan ekosistem mini dari dari pendakian Gunung Argopuro. Sehingga kalian akan menikmati keindahan alam yang cantik yang menyejukkan.


4. Jalur Pendakian via Singolangu

Jalur pendakian yang keempat diketahui merupakan jalur pendakian tertua yang ternyata sudah ditemukan sejak dulu karena digunakan sebagai jalur pendakian spiritual raja Brawijaya ke-V. Pada jalur ini kamu akan melihat adanya petilasan dari raja Majapahit diantaranya petilasan Cemoro Lawang dan juga Watu Lapak. 

jalur pendakian gunung lawu, jalur pendakian gunung lawu paling favorit, jalur pendakian gunung lawu via singolangu


Basecamp ini berada di Singolangu, Magetan, sudah semakin jauh, jarak basecamp ini ke puncak bisa mencapai 9,5 Km dengan jumlah pos pendakian sebanyak 5. Jalur dengan jarak sampai 9,5 Km ini bisa ditempuh sekitar 11 jam 20 menit dalam kondisi yang fit. Bagi kamu yang penasaran dan ingin memilih jalur ini kamu perlu mempersiapkan diri karena pada pos 3 sampai 5 kamu akan menemukan jalan yang akan sangat menanjak sampai puncak.


5. Jalur Pendakian via Tambak

Jalur selanjutnya berada di Karanganyar tepatnya di dusun Tambak. Menariknya jalur ini dulu digunakan khusus untuk para abdi dalem keraton loh. Akan tetapi saat ini jalur pendakian Tambak sudah dikelola Gentapala secara resmi. Namun kamu juga perlu tahu bahwa pada jalur ini medan yang harus kamu tempuh diantaranya hutan, bukit, dan tanjakan yang masih berupa batu. 

jalur pendakian gunung lawu, jalur pendakian gunung lawu via tambak


Itulah 5 jalur pendakian resmi Gunung Lawu yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Jalur mana saja sepertinya akan terasa sama bila bersama dengan sahabat karib yang akan selalu menceriakan dan berbagai pengalaman menarik saat mendaki gunung. 




Posting Komentar untuk "5 Jalur Pendakian Resmi Gunung Lawu "