Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jalur Pendakian Resmi Gunung Merbabu

Natasangin.com - Gunung Merbabu adalah gunung api tua yang pernah meletus di tahun 1560 dan 1797. Gunung ini merupakan salah satu favorit bagi pendaki Indonesia. Lokasi gunung ini ada di wilayah Magelang, Boyolali, Semarang, Jawa Tengah dan ketinggian Gunung Merbabu 3.145 mdpl serta sejajar dengan Gunung Merapi. Gunung ini tampaknya tidak pernah sepi untuk dikunjungi entah mendaki, menikmati suasana, ataupun berselfie.

jalur pendakian gunung merbabu


Jalur Pendakian Resmi Gunung Merbabu

Untuk yang ingin mendakinya bisa melewati 5 jalur pendakian resmi Gunung Merbabu yang ada. Berikut ini adalah beberapa jalur tersebut.


1.      Jalur Selo

Jalur pendakian via Selo adalah jalur yang terbilang favorit dan banyak dari para pendaki yang memulai pendakiannya melalui jalur yang terletak di Kabupaten Boyolali tersebut. Nantinya para pendaki menjangkau sisi selatan Gunung Merbabu melalui jalur ini. Keunggulan dari jalur Selo yang tergolong menawan yaitu padang sabana dengan hamparan yang luas.

jalur pendakian merbabu, jaluer pendakian merbabu paling favorit


Ketika musim mekar dari bunga edelweiss, maka pendaki akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan dari padang edelweiss yang terlihat mempesona. Penting untuk diingat oleh para pendaki yaitu kalian tidak diperbolehkan untuk memetik bunga tadi namun hanya boleh untuk melihat serta memotretnya saja.

Saat akan melewati jalur Selo pastikan kamu menggunakan fasilitas berupa booking online di situs resmi Taman Nasional Gunung Merbabu. Nantinya kalian akan memperoleh gelang dengan chip berteknologi GPS. Gelang tadi bisa sangat bermanfaat ketika terjadi kecelakaan seperti tersesat.


2.      Jalur Merbabu via Suwanting

Bagi kalian yang sudah sering lewat jalur Selo maka bisa mencoba jalur resmi lainnya dan salah satunya yaitu Suwanting. Lewat jalur ini kamu akan sampai ke puncak melalui sisi barat. Jalur ini ada di Dusun Suwanting, Kabupaten Magelang.

jalur pendakian gunung merbabu, jalur pendakian gunung merbabu paling favorit, gunung merbabu


Salah satu ciri khas jika kalian melewati jalur ini yaitu kalian diharuskan melewati medan yang lokasinya di tengah Hutan Lamtoro dan untuk jalur hutan tersebut tergolong cukup panjang. Nantinya ketika mencapai Pos III, kalian akan disuguhkan berupa panorama bentangan luas dari hamparan sabana. 

Saat kalian telah sampai di sabana, itu menjadi penanda jika perjalanan untuk bisa sampai ke puncak Trianggulasi sudah tidak jauh. Diperjalanan ini kalian akan disuguhkan pemandangan yang sedap dipandang mata.


3.      Jalur Merbabu via Wekas

Jalur selanjutnya berada di sisi selatan dan ini merupakan jalur favorit bagi pendaki yang berasal dari selatan. Lokasinya jalur ini berada pada kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Jalur ini tergolong menjadi favorit para pendaki dikarenakan memiliki tempat kemas luas dan lokasinya ada di pos II.

jalur pendakian gunugn merbabu, merbabu via wekas,


Tempat kemah tadi mempunyai sumber air melimpah, bahkan banyak pendaki yang sengaja naik ke Gunung Merbabu hanya untuk bisa berkemah di sana. Saat menempuh jalur Wekas ini terus maka kalian akan bertemu dua jalur lainnya yaitu Thekelan dan Cunthel.

Pertemuan diantara ketiga jarum tersebut di sekitar Pos Pemancar serta Helipad. Nantinya setelah itu maka jalan akan berubah menjadi satu untuk bisa menjangkau puncak melalui utara.

4.      Jalur Merbabu via Cuntel

Untuk kalian yang tertarik mendaki puncak Gunung Merbabu melalui sisi utara bisa menempuh jalur Cuntel ini. Lokasi jalur ini di Kabupaten Semarang tepatnya di Dusun Cuntel sesuai dengan nama jalurnya.

jalur merbabu via cutel, merbabu via cutel, gunugn merbabu


Pendaki yang melewati jalur ini akan berjumpa dengan yang namanya menara pemancar di Pos pemancar. Bisa dikatakan bahwa pos tersebut sebagai penanda jika perjalanan tinggal setengah lagi menuju ke puncak.

Setelah Pos Pemancar maka jalur ini kemudian akan bersatu bersama dengan jalur lainnya yaitu Thekelan dan Wekas. Sebaiknya para pendaki harus bersiap-siap untuk menghadapi tanjakan yang terjal setelah lewat Pos Pemancar serta Helipad.

5.      Jalur Thekelan

Jalur resmi lainnya yaitu Thekelan dan lokasinya di Desa Kopeng, Kabupaten Semarang. Saat lewat jalur ini kalian akan bertemu dengan spot Watu Gubug. Batu tersebut dapat dimasuki oleh pendaki walaupun terlihat kecil.

jalur pendakian gunung merbabu, gunung merbabu


Mitos dari batu ini adalah pintu gerbang yang akan mengarahkan ke dimensi lainnya. Tidak hanya melewati tanjakan yang terbilang cukup terjal, kalian diharuskan melewati rute yang tergolong ekstrem ketika hendak mencapai puncak yaitu Ondorante. Rute tersebut akan dijumpai saat kalian lewat Wekas, Cuntel, dan Thekelan.

Tips Mendaki Gunung Merbabu Saat Hujan

Itulah 5 jalur pendakian resmi Gunung Merbabu yang bisa kalian pilih untuk pendakian. Sebaiknya ketika akan mendaki usahakan hindari pendakian di musim hujan. Namun jika kalian tetap ingin mendaki pada musim hujan maka bisa simak tips berikut ini.

•           Perhatikan kondisi cuaca

Sebelum kalian berangkat sebaiknya perhatikan kondisi cuaca yang ada di sekitar kawasan pendakian tadi. Ketika cuaca memungkinkan dalam artian cerah maka pendakian dapat dilakukan. Akan tetapi jika cuacanya mendung serta turun hujan ada baiknya ditunda terlebih dahulu.

•           Hindari titik rawan untuk aliran air

Tentunya pada jalur pendakian terdapat titik-titik yang rawan aliran air terlebih ketika musim hujan. Titik rawan ini jaraknya 20 meter sebelum mencapai Pos 2 yang memiliki lereng curam 45 persen lebih. Sebaiknya hindari titik rawan tersebut agar pendakian lebih aman.

•           Ketahui titik bahaya ketika mendirikan tenda

Sebelum melakukan pendakian di Gunung Merbabu sebaiknya ketahui jika terdapat larangan mendirikan tenda pada Pos 2 Pandean. Pelarangan tersebut karena pos tersebut merupakan kawasan rawan banjir.

•           Pendakian dilayani maksimal jam 4 sore

Ketika kalian ingin melakukan pendakian ada baiknya lakukan sebelum jam 4 sore. Hal ini karena pelayanan untuk pendakian gunung akan ditutup di jam tersebut. Kalian harus berhati-hati karena angin kencang dan petir di musim hujan masih terjadi pada kawasan Gunung Merbabu.

Tips Mendaki Gunung Merbabu 

Setelah mengetahui tips mendaki ketika musim hujan maka informasi lain yang perlu kalian ketahui yaitu apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan pendakian.



·         Persiapan fisik

Gunung Merbabu puncak tertingginya yaitu 3142 mdpl jadi diperlukan kondisi prima sebelum melakukan pendakian. Bahkan udara dingin serta rasa letih ketika menyusuri jalan membuat kalian harus punya kondisi fisik prima serta sehat sebelum pendakian.

·         Persiapan logistik yang cukup

Perbekalan atau logistik menjadi suatu hal wajib dan tidak boleh untuk dilewatkan. Saat kalian mendaki gunung usahakan membawa bekal banyak seperti makanan, minuman, dan madu agar kalian terhindar dari dehidrasi.

·         Membawa perlengkapan outdoor lengkap

Gunung Merbabu ini terkenal sebagai gunung yang mempunyai suhu tergolong di atas rata-rata. Jadi mempersiapkan perlengkapan semacam sleeping bag, selimut, dan peralatan lain yang menghangatkan tubuh sangat diperlukan.

·         Pilih jalur termudah

Untuk kalian pendaki pemula maka pilih saja jalur termudah yaitu Selo. Tidak hanya mudah namun pemandangan pada jalur tersebut tergolong sangat indah serta memanjakan mata.

Itulah informasi terkait 5 jalur pendakian resmi Gunung Merbabu dan juga tips untuk pendakian. Jangan lupa ketika akan mendaki terus berdoa dan minta izin orang tua karena itu sangatlah penting.

 


Posting Komentar untuk "5 Jalur Pendakian Resmi Gunung Merbabu"